Rilis e-Rapor SMK Versi 5.1.1

Kepada semua pengguna aplikasi e-Rapor SMK, pembaharuan versi 5.1.1 telah dirilis. Silahkan lakukan pembaharuan aplikasi e-Rapor SMK Anda melalui menu Cek Pembaharuan untuk memulai penginputan nilai di tahun pelajaran 2020/2021 semester ganjil.

Di versi 5.1.1 ini, proses pengambilan data Dapodik berbeda dari versi-versi sebelumnya yang dilakukan secara langsung di dalam aplikasi e-Rapor SMK. Kali ini harus dilakukan menggunakan aplikasi tersendiri yang terpisah dari aplikasi e-Rapor SMK yang diberi nama eRapor SMK Synchronizer yang saat ini tersedia untuk di unduh di link http://bit.ly/erapor-synchronizer.

Aplikasi eRapor SMK Synchronizer harus dijalankan di PC/Laptop yang sudah terinstall Dapodik versi 2021.a. Jika tidak satu PC/Laptop dengan Dapodik, maka aplikasi eRapor SMK Synchronizer tidak akan dapat digunakan.

Setelah berhasil mengunduh file eRapor SMK Synchronizer, silahkan di extract di drive C:\, hasil extract akan menjadi seperti gambar dibawah ini:

Jalankan (double click) file erapor-synchronizer.exe yang terdapat di dalam folder erapor-synchronizer hasil extract.

eRapor SMK Synchronizer

Setelah tampil jendela seperti gambar di atas, silahkan pilih sekolah Anda kemudian masukkan URL (alamat) e-Rapor SMK yang Anda pakai. Isi URL sesuai dengan contoh yang tertera.

Setelah memilih sekolah dan mengisi URL, silahkan klik tombol Tes Koneksi untuk melakukan pengecekan URL atau alamat yang Anda masukkan.

Bagi pengguna e-Rapor SMK baru, akan tampil seperti gambar dibawah ini:

eRapor SMK Synchronizer untuk pengguna baru

Sebelum mengklik tombol Registrasi Pengguna eRapor SMK, silahkan isi token Web Service Dapodik. Untuk detil pembuatan token Web Service Dapodik dan installer e-Rapor SMK versi 5.1.1 akan di pasang di artikel yang akan datang. Saat ini kami sedang melakukan uji coba installer versi 5.1.1.

Bagi pengguna yang sudah memakai aplikasi e-Rapor SMK dari versi-versi sebelumnya, tampilannya seperti gambar dibawah ini:

eRapor SMK Synchronizer untuk pengguna lama

Silahkan klik tombol Kirim Data Dapodik ke eRapor SMK dan tunggu sampai proses pengiriman data Dapodik selesai. Tampilan ketika proses pengiriman sedang berjalan dan setelah selesai seperti dibawah ini:

Proses pengiriman data Dapodik ke eRapor SMK sedang berjalan
Proses pengiriman data Dapodik ke eRapor SMK selesai

Semoga artikel ini bermanfaat.

Jika ada yang mengalami kendala, silahkan tinggalkan komentar atau menghubungi Tim Helpdesk.

48 Replies to “Rilis e-Rapor SMK Versi 5.1.1”

  1. assalamu alaikum wr.wb.
    mohon maaf bapak/ibu.
    keluhan saya pada saat sincron erapor yg sudah di tempatkan di drive C: , pada saat selesai sinkron berhasil
    saya cek di referensi rombel, di 17 pembelarajaran hanya 3 pembelajaran muncul “edit pembelajaran rombongan belajar” sisa 14 tidak ada data yg ditampilkan.

    mohon selusinya pak.

  2. Salam pak…
    Kami gagal pada tahap menjalankan syncronizernya..server erport sudah dipindahkan ke PC yang ada Dapodiknya,,apa pnyebabnya,,posisi eraport sudah 5.1.1
    Terima Kasih

  3. Setelah sukses update erapor ke versi 5.1.1 dan sinkron menggunakan erapor synchronizer juga sukses tanpa kendala, daftar mapel pada referensi rombel erapor belum 100% masuk dari dapodik. Masih ada beberapa mapel yg sudah dientri di dapodik namun belum masuk di erapor. Data ektrakurikuler juga belum masuk.

  4. apakah bisa update dari eraporsmk versi 5.0 ke erapor versi 5.1 saya sudah coba cara update versi 5.0.8 tapi tidak bisa ataukah harus mengunngu installer versi 5.1.1

  5. Salam…
    Izin bertanya, sekolah saya baru menggunakan erapor dan baru install erapor versi 5.0 dan sudah berhasil registrasi di versi 5.0.
    Untuk update ke versi 5.1.1 langkah-langkahnya seperti apa?
    Terimakasih.

  6. maaf bang admin,
    ini kenapa saya mengalami error
    baru buka eRapor SMK Synchronizer

    muncul dialog box “php-cgi.exe – System Error” yang isinya
    the code execution cannot proceed because VCRUNTIME140.dll was not found. Reinstalling the program may fix this problem

    padahal sudah saya taruh di PC dan drive C: nya server dapodik

    mohon bantuannya, terimakasih

  7. Error 500: Internal Server Error
    Cannot spawn CGI process [C:\erapor-synchonizer\www\public/index.php]: No such device or address

    mohon arahan admin. ketika klik 2x erapor sinc muncul tulisan diatas. terima kasih

  8. dalam proses pembaharuan k e rapor SMK versi 5.1.1 ; dalam mengekstrak file updater sudah berhasil , tetapi dalam proses pembaharuan belum berhasil (notifikasi proses masih tidak berubah). Mohon petunjuknya. Terima kasih.

  9. setelah dilakukan sinkron dengan synchronizer di versi 5.1.1
    jumlah peserta tidak lengkap, sudah diulangi beberapa kali, termasuk download ulang synchronizer, masih tetap sama data peserta didik tidak lengkap, apakah ada solusinya?

  10. Proses pembaharuan di e-rapor smk versi 5.1.1 tidak berhasil. Respon di sistemnya pada waktu pembaharuan bisa sampai penuh tapi tidak ada perubahan solusinya bagaimana ya?
    Terimakasih.

  11. mohon solusi saat menjalankan erapor synchronizer pada laptop yg terinstall dapodik ada tulisan “the code execution cannot proceed because VCRUNTIME140. dll was not found”

  12. kak, ini sudah saya jalankan tapi kalau synchronizernya tidak satu pc sama e raport nya bisa nggak ya? soalnya saya memang instal dapodik di pc eraport tapi cuma buat pancingan dan beberapa hari ini baik2 saja. cuma pas mau perbarui data nggak bisa meskipun sudah biru hijau dan keterangannya “Kirim data Dapodik ke Aplikasi eRapor SMK selesai!”

  13. rumit, karena operator dapodik, erapor, dan operator lainnya berbeda dg laptop yg berbeda pula… lebih baik menggunakan pembaharuan melalui aplikasi erapor sendiri seperti biasanya..

  14. saya sudah instal aplikasi e raport, tetapi tidak bisa registrasi,

    errr ” 500 | laman yang dimuat tidak merespon ”

    mohon bantuannya agar bisa registrasi

  15. ketika dijalankan aplikasi erapor syncronizer nya error
    Error 500: Internal Server Error
    Cannot spawn CGI process [C:\erapor-synchonizer\erapor-synchonizer\www\public/index.php]: No such device or address

    Mohon solusi nya…

  16. Bagaimana kalau aplikasi erapor berbeda komputer/server dengan aplikasi dapodik? Karena disekolah kami berbeda orang.

  17. Sinkron dengan synchronizer di 5.1.1 data wali kelas tidak berubah sama dengan dapodik versi 2021b. Bagaimana sulosinya pak? Terimakasih

  18. setelah dicoba pakai erapor-synchronizer tidak bisa
    memang dilaptop saya masih terinstal eraport 5.0.2
    apakah ada pengaruhnya?

  19. tidak bisa di install.
    muncul pesan ini : Error 500: Internal Server Error
    CGI program sent malformed or too big (>16384 bytes) HTTP headers: []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *