Rilis e-Rapor SMK Versi 5.1.1

Kepada semua pengguna aplikasi e-Rapor SMK, pembaharuan versi 5.1.1 telah dirilis. Silahkan lakukan pembaharuan aplikasi e-Rapor SMK Anda melalui menu Cek Pembaharuan untuk memulai penginputan nilai di tahun pelajaran 2020/2021 semester ganjil.

Di versi 5.1.1 ini, proses pengambilan data Dapodik berbeda dari versi-versi sebelumnya yang dilakukan secara langsung di dalam aplikasi e-Rapor SMK. Kali ini harus dilakukan menggunakan aplikasi tersendiri yang terpisah dari aplikasi e-Rapor SMK yang diberi nama eRapor SMK Synchronizer yang saat ini tersedia untuk di unduh di link http://bit.ly/erapor-synchronizer.

Aplikasi eRapor SMK Synchronizer harus dijalankan di PC/Laptop yang sudah terinstall Dapodik versi 2021.a. Jika tidak satu PC/Laptop dengan Dapodik, maka aplikasi eRapor SMK Synchronizer tidak akan dapat digunakan.

Setelah berhasil mengunduh file eRapor SMK Synchronizer, silahkan di extract di drive C:\, hasil extract akan menjadi seperti gambar dibawah ini:

Jalankan (double click) file erapor-synchronizer.exe yang terdapat di dalam folder erapor-synchronizer hasil extract.

eRapor SMK Synchronizer

Setelah tampil jendela seperti gambar di atas, silahkan pilih sekolah Anda kemudian masukkan URL (alamat) e-Rapor SMK yang Anda pakai. Isi URL sesuai dengan contoh yang tertera.

Setelah memilih sekolah dan mengisi URL, silahkan klik tombol Tes Koneksi untuk melakukan pengecekan URL atau alamat yang Anda masukkan.

Bagi pengguna e-Rapor SMK baru, akan tampil seperti gambar dibawah ini:

eRapor SMK Synchronizer untuk pengguna baru

Sebelum mengklik tombol Registrasi Pengguna eRapor SMK, silahkan isi token Web Service Dapodik. Untuk detil pembuatan token Web Service Dapodik dan installer e-Rapor SMK versi 5.1.1 akan di pasang di artikel yang akan datang. Saat ini kami sedang melakukan uji coba installer versi 5.1.1.

Bagi pengguna yang sudah memakai aplikasi e-Rapor SMK dari versi-versi sebelumnya, tampilannya seperti gambar dibawah ini:

eRapor SMK Synchronizer untuk pengguna lama

Silahkan klik tombol Kirim Data Dapodik ke eRapor SMK dan tunggu sampai proses pengiriman data Dapodik selesai. Tampilan ketika proses pengiriman sedang berjalan dan setelah selesai seperti dibawah ini:

Proses pengiriman data Dapodik ke eRapor SMK sedang berjalan
Proses pengiriman data Dapodik ke eRapor SMK selesai

Semoga artikel ini bermanfaat.

Jika ada yang mengalami kendala, silahkan tinggalkan komentar atau menghubungi Tim Helpdesk.

One Reply to “Rilis e-Rapor SMK Versi 5.1.1”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *