Tutorial Meng-online-kan eRapor SMK versi Windows pada Koneksi IndiHome

Disclaimer:

Penulis tidak berafiliasi atau mendapatkan keuntungan apapun dari artikel ini terkait penggunaan koneksi IndiHome dari PT Telkom Indonesia. Penggunaan koneksi IndiHome hanya sebagai contoh saja.

Persiapan awal

  • Pastikan server eRapor SMK sudah didukung dengan setting yang memadai pada sistem operasi (Sleep: never) dan BIOS (Restore on AC Power Loss: Power On)
  • Upayakan sudah didukung dengan UPS/Stabilizer
  • Install TeamViewer / UltraViewer untuk memudahkan remote
  • Sudah terinstall eRapor SMK dan bisa diakses dari localhost maupun melalui jaringan lokal menggunakan IP address-nya
  • Jika eRapor SMK tidak dapat diakses melalui komputer lain di LAN, namun bisa diakses dari localhost, maka hampir dapat dipastikan bahwa layanan eRapor SMK di port 8154 diblokir oleh firewall. Jika Anda menggunakan antivirus yang memiliki fitur firewall (misal: McAfee), pastikan port 8154 sudah dimasukkan dalam pengecualian
  • Pastikan IP Address sudah diset static, dan server langsung menjadi client yang satu subnet dengan LAN port dari modem/ONT (Optical Network Terminal) IndiHome
Gambaran umum topologi jaringan yang digunakan pada tutorial ini

Langkah-langkah meng-online-kan eRapor SMK

1. Mendaftar akun Dynamic DNS pada web noip.com

Daftarkan akun menggunakan alamat email yang valid pada web https://www.noip.com melalui tombol Sign Up, lalu tentukan hostname dan domain yang akan digunakan. Sangat disarankan untuk menggunakan email pribadi yang terdaftar pada aplikasi email (misal: Gmail) di perangkat ponsel Android/iPhone Anda, karena sewaktu-waktu pihak NoIP mengirimkan email untuk memperpanjang hostname gratisan milik Anda, akan muncul notifikasi yang bisa langsung Anda ketahui.

Pada contoh ini kami gunakan hostname eraporku, dan domain ddns.net, yang berarti bahwa nantinya eRapor SMK dapat diakses secara online menggunakan alamat http://eraporku.ddns.net jika semua langkah yang ada sudah berhasil dikerjakan. Gunakan hostname yang ringkas dan mudah diingat oleh guru. Pilih Free Sign Up pada tombol di bagian bawah.

Setelah langkah ini, seharusnya sudah ada email masuk dari pihak NoIP yang harus Anda konfirmasi. Klik tombol Confirm Account pada email tersebut.

2. Mengunduh dan setting aplikasi NoIP DUC

Hingga langkah ini, Anda sudah memiliki domain pada layanan NoIP, namun pihak NoIP belum memiliki informasi IP Address Public yang Anda dapatkan dari ISP, yang sifatnya dynamic (berubah-ubah). Untuk itu Anda perlu mendownload (unduh) aplikasi DUC (Dynamic Update Client) yang harus Anda install di server eRapor. Unduh aplikasi DUC di sini. Install seperti biasa, pastikan kedua opsi berikut aktif (tercentang), lalu klik Finish.

Tampilan finalisasi instalasi DUC

Sign in menggunakan email dan password yang Anda isikan sewaktu mendaftar akun. Pilih hostname yang Anda isikan sewaktu mendaftar, lalu Save.

Jika sudah muncul tampilan tersebut, maka setting DUC sudah sesuai.

3. Setting port forwarding pada modem/ONT

Pada tutorial ini, modem/ONT (Optical Network Terminal) yang digunakan adalah merk ZTE tipe F609 yang umum digunakan pada langganan IndiHome. Untuk ONT ZTE dengan tipe lain umumnya menu dan tampilan masih relatif sama. Namun jika sekolah Anda menggunakan merk lain semisal Huawei, dsb, silakan cari menu serupa untuk pengaturan port forwarding.

Login ke modem/ONT dengan mengakses http://192.168.1.1 dari LAN, gunakan username: user, password: user. Jika login gagal, Anda bisa menghubungi pihak teknisi PT Telkom untuk dilakukan reset password. Ada baiknya password default diganti dengan yang lebih aman setelah ini. Masuk ke menu Application -> Port Forwarding, lalu isikan setting berikut:

Ganti LAN Host IP Address jika server eRapor SMK Anda menggunakan IP yang berbeda. Ganti juga WAN Connection jika ternyata pada saat uji coba gagal diakses.

Update 22 April 2020

Penambahan contoh setting pada Modem/ONT Huawei HG8245H5

Jika ternyata koneksi/langganan yang Anda gunakan menggunakan modem Huawei HG8245H5, maka Anda dapat menggunakan setting berikut (pilih server eRapor dari daftar Internal Host), lalu klik Apply.

4. Uji coba akses

Cobalah untuk mengakses alamat yang Anda daftarkan pada langkah 1 (contoh pada tutorial ini menggunakan http://eraporku.ddns.net ) menggunakan browser, baik dari dalam jaringan yang sama dengan server eRapor SMK ataupun menggunakan jaringan lain (misal: menggunakan paket data dari HP).

Tips: Anda juga bisa meng-online-kan server lain menggunakan WAN Port yang berbeda.

Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *