Persiapan Rilis e-Rapor SMK Versi 5.0.8

Kepada semua pengguna aplikasi e-RaporSMK, Tim Pengembang Aplikasi e-Rapor SMK akan segera merilis updater versi 5.0.8.

Di versi 5.0.8 ini, proses updater tidak lagi menggunakan server Dit.PSMK sebagai end point. End point yang akan dipakai adalah repository dari Github yang beralamat di https://github.com/eraporsmk/eraporsmk dikarenakan banyak laporan error pada saat memperbaharui aplikasi dari para pengguna e-Rapor SMK yang memakai server linux.

Oleh karena itu, ada satu hal penting yang harus dipersiapkan terlebih dahulu oleh para pengguna, yakni menginstall Composer di OS yang dipakai untuk menjalankan aplikasi e-Rapor SMK.

Untuk pengguna OS Linux bisa dipastikan sudah memakai Composer di servernya.

Bagi pengguna OS windows, silahkan unduh terlebih dahulu installernya disini. Kemudian install di server yang sudah terinstall aplikasi e-Rapor SMK.

Saat proses instalasi Composer akan ada proses meminta mengarahkan path PHP, arahkan path PHP yang diminta ke PHP yang ada di aplikasi e-Rapor SMK, seperti gambar di bawah ini:

Selanjutnya tinggal klik next sampai proses instalasi selesai.

FAQ:

T. Kenapa harus menginstall composer padahal sebelum-sebelumnya tidak harus?

J. Karena di updater e-Rapor SMK berikutnya kemungkinan akan mengupdate beberapa repository yang dipakai di aplikasi e-Rapor SMK dan proses update repository tersebut harus melalui perintah di Composer.

T. Kapan updater akan dirilis secara resmi?

J. Sampai saat ini Tim Pengembang terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk merespon berbagai temuan-temuan pengguna di tingkat Satuan Pendidikan. Rilis resmi akan di umumkan melalui website ini apabila proses perbaikan sudah selesai dilakukan.

T. Apa saja yang sudah dan yang akan di perbaiki oleh Tim Pengembang?

J. Yang sudah diperbaharui dan di perbaiki oleh Tim Pengembang adalah sebagai berikut:

  1. [Pembaharuan] Tombol Status Penilaian di Dashboard Admin
  2. [Perbaikan] Cetak Rapor UTS (nilai kosong).
  3. [Perbaikan] Akses Menu sesuai Hak Akses.
  4. [Perbaikan] Nilai Ekstrakurikuler ganda.
  5. [Perbaikan] Menu Ketidakhadiran.
  6. [Perbaikan] Penilaian UKK (Siswa yang sudah dipilih pada perencanaan UKK, kemudian perencanaannya dihapus. siswa tsb tidak bisa dipilih lagi diperencanaan yg baru/perbaikan).

Yang akan diperbaiki oleh Tim Pengembang berikutnya menunggu laporan dari para pengguna aplikasi e-Rapor SMK di tingkat Satuan Pendidikan. Jika ada yang perlu dilakukan perbaikan selain item di atas, silahkan sebutkan di komentar.

45 Replies to “Persiapan Rilis e-Rapor SMK Versi 5.0.8”

  1. 1. Perbaikan untuk akses wali kelas pak, jadi ketika di semester genap terjadi pergantian wali kelas, dan wali kelas di semester ganjil sudah kehilangan akses wali kelas nya karena sudah diganti dg wali kelas yg baru, sehingga di kelas tersebut tidak bisa kunci penilaian.
    2. Perbaikan kirim nilai ke Dapodik, kami sudah coba set template mapel di dapodik, tetapi setelah kami kirim nilai dari erapor, di dapodik malah kosong, template mapel nya pun hilang.
    Sementara itu dulu masalah yg kami temukan. Mohon segera ditindak lanjuti. Terima kasih.

  2. 1. Ada mapel (di saya muatan lokal) pada menu catatan akademik, nilai pengetahuan 0, padahal nilai sudah diinput, di cetak rapor dan leger ada.

    2. Guru yang bukan induk di sekolah sendiri, datanya double di erapor, mapel yang diampu tidak keluar (belum paham kesalahan dimana)

  3. 1. Mohon untuk maping matapelajaran dibuat default terisi saja untuk meringankan beban operator.
    2. Buat desain yang se simpel mungkin , biar mudah di pahami guru.
    3. Permudah juga operator dalam proses backup data.
    4. Tolong perbaikan pada penilaian ekstrakulikuler yg kemarin hilang semua saat setelah update.
    5. Tolong tambah menu rekap penyelesaian, biar waka kurikulum bisa melakukan control bagi guru yang sudah kirim nilai atau yang belum. dengan menu excel.

  4. setelah di install ulang kemudian register, kok gak bisa yaaa, padahal pengisian email dan pasword dapodik sudah benar…

    1. Pada umumnya Guru harus masuk dapodik dulu pak, kalo tidak ada didapodik tidak akan bisa ditambah secara manual di e-raport, pengalaman yang pernah di alamai

  5. klo mo hapus ato edit unit kompetensi…Pada referensi uji kompetensi, jadi harus ada tombol edit ato hapus unit kompetensi

  6. Mohon bantuannya,,,kenapa ya eraport sekolah kami sekarang tidak bisa sinkron untuk pengambilan data dapodik,,,selalu muncul 500 halaman dimuat tidak ada respon

  7. Bagi operator sekolah (enduser) yang sangat di harapkan adalah, Apakah Aplikasi e-raport ini sudah terintregasi dengan Dapodik pada saat kita mau Eksport nilai ke Dapodik ? dan apakah berhasil 100% semua mapel terkirim semua ? dan apakah dari aplikasi MPD (Manajemen Penilaian Digital) yg beberapa tahun ke belakang sudah dipakai, bisa diimport ke e-raport ini ?? mohon penjelasan

  8. 1. Sebaiknya di tahun ajaran baru 2020/2021 nanti Erapor mengeluarkan Installer yang baru saja dan sudah dilengkapi update terbaru. Seperti Dapodik yang setiap tahun menerbitkan Patch dan Installer. Jadi bagi yang ingin install ulang tidak perlu dari versi awal sekali.
    2. Sebaiknya diberikan menu backup dan restore database agar mudah melakukan backup dan restore data.
    3. Pada pengaturan referensi KD sebaiknya ada fitur penghapusan KD agar tidak menumpuk. Setiap ada yang salah tidak bisa dihapus hanya bisa dinonaktifkan, akhirnya KD yang salah dan benar bercampur jadi satu, agak merepotkan.

  9. Sudah melalukan update versi 507 ke 508 tetapi setelah masuk di awal berhasil tetapi ketika akan masuk dgn pasword yg sama tidak bisa.gagal terus bagaimana cara melihat pasword nya?

  10. Mohon solusinya, kenapa ya saya sudah berhasil update ke versi 5.0.8, pertama kali login admin masih bisa, namun pada saat logout dan mencoba kembali login admin jadi tidak bisa masuk,

  11. kl kita sudah mengisi e rapor dengan versi 5.0.7 trus kita update menjadi 5.0.8 apakah hasil isian di versi sebelunya akan terhapus atau hilang

  12. Saya kehilangan 1 akun guru dan sudah di sinkronkan ke dapodik tapi tetap tidak masuk di hak akses pengguna. sementara di Referensi GTK nama guru tersebut ada.
    Mohon solusinya

  13. sudah berhasil update ke 5.08 dan sudah isi nilai kelas 12. kemudian ada pembina ekstra yang belum masuk dan melakukan atur ulang kata sandi. setelah itu kenapa admin justru tidak bisa masuk ke erapor dengan pesan kesalahan “These credentials do not match our records”. Mhn solusi karena ini sudah mendekati PAT

  14. Saya kenapa yah erapor versi 5.0.8. Tapi ada pembaharuan, trus saya klik udah selesai tapi pas di restart malah balik lagi pembaharuan tersedia? Ada solusinya?

  15. Mimin, kami mendapatkan banyak laporan dari pengguna Indihome bahwa composer nya gagal mendownload file dari http://repo.packagist.org/packages.json dengan error failed to open stream: HTTP request failed

    Ketika rekan kami mencoba mendownload package composer selain isp Indihome tidak ada masalah

    Khusus pengguna Indihome ketika mencoba mengakses http://repo.packagist.org/packages.json maka akan loading terus hingga keluar error the connection has reset (firefox) / ERR_CONNECTION_RESET (chrome). Bahkan kami pun sudah mencoba menggunakan proxy hasilnya sama tidak bisa mendownload package composer.

    Ada kemungkinan Indihome sekarang dipasang proxy transparan di port 80, 3128, dan 8080 pada Telkom pusat

  16. maaf pak,tolong ini saya baru saja mengatur hak akses ulang guru, kemudian saya pilih PTK, kok saya keluar login lagi ke admin pasword salah, terus gimana ini, kenapa pasword admin ikut tergenered baru, penyelesaiannya bagaimana, terimakasih
    Aplikasi 5.0.9

  17. Mohon solusi setelah setting terdapat error seperti berikut:

    [Composer\Downloader\TransportException]
    The “http://repo.packagist.org/p/provider-2013%2425d360bb96268fb1f097da01ba
    286558ca7136bec3cb11caaf27a647e652a58a.json” file could not be downloaded (
    HTTP/1.1 504 Gateway Timeout)

    update [–prefer-source] [–prefer-dist] [–dry-run] [–dev] [–no-dev] [–lock]
    [–no-custom-installers] [–no-autoloader] [–no-scripts] [–no-progress] [–no
    -suggest] [–with-dependencies] [–with-all-dependencies] [-v|vv|vvv|–verbose]
    [-o|–optimize-autoloader] [-a|–classmap-authoritative] [–apcu-autoloader] [–
    ignore-platform-reqs] [–prefer-stable] [–prefer-lowest] [-i|–interactive] [–
    root-reqs] [–] []…

  18. Halo programmer Erapor SMK.
    Kenapa Erapor SMK tidak menggunakan database MYSQL saja biar kami pihak sekolah dapat menginstall di sub domain sekolah secara mudah,
    karena banyak domain sekolah yang menggunakan Hosting biasa yang tidak support PGSQL.
    Dari hasil Googling, PGSQL dapat di install di VPS hosting atau Cloud hosting dengan harga sewa yang lumayan mahal.
    Alternatif yang kami terapkan selama ini adalah Erapor SMK kami install di komputer sebagai di Sekolah dengan Ram 8 GB lalu kami online kan komputer tersebut menggunakan no-ip atau juga Ip publik statis.
    Kendala yang kami hadapi adalah dalam 1 minggu komputer server harus di restart, jika tidak maka akan offline, dan juga seringnya putus hubungan listrik PLN.

    Kekurangan lain dari server yang kami install erepor smk di sekolah adalah servernya tidak selalu di onlinekan secara terus menerus, komputer server hanya akan dionlinekan 1 bulan menjelang pembagian rapor supaya guru dapat mengisi nilai.
    Hal ini menjadi kendala bagi kami guru yang ingin mengisi nilai di awal2 semester atau setiap selesai KD yang kami berikan ataupun setiap tugas harian yang kami berikan ke siswa.

    Saran saya kedepan semoga erapor smk versi 5.x.x dibuat dalam versi MYSQL database seperti aplikasi2 berbasis web populer lainnya yang banyak menggunakan MYSQL database.

    Apalah artinya sebuah aplikasi jika tidak dapat dipergunakan secara maksimal.

    Mohon maaf atas saran ini,
    Terimakasih.

    Ttd
    Junaidi, ST
    junaidimkasem [at] gmail.com

  19. Halo programmer Erapor SMK.
    Kenapa Erapor SMK tidak menggunakan database MYSQL saja biar kami pihak sekolah dapat menginstall di sub domain sekolah secara mudah,
    karena banyak domain sekolah yang menggunakan Hosting biasa yang tidak support PGSQL.
    Dari hasil Googling, PGSQL dapat di install di VPS hosting atau Cloud hosting dengan harga sewa yang lumayan mahal.
    Alternatif yang kami terapkan selama ini adalah Erapor SMK kami install di komputer sebagai server di Sekolah dengan Ram 8 GB lalu kami online kan komputer tersebut menggunakan no-ip atau juga Ip publik statis.
    Kendala yang kami hadapi adalah dalam 1 minggu komputer server harus di restart, jika tidak maka akan offline, dan juga seringnya putus hubungan listrik PLN.

    Kekurangan lain dari server yang kami install erepor smk di sekolah adalah servernya tidak selalu di onlinekan secara terus menerus, komputer server hanya akan dionlinekan 1 bulan menjelang pembagian rapor supaya guru dapat mengisi nilai.
    Hal ini menjadi kendala bagi kami guru yang ingin mengisi nilai di awal2 semester atau setiap selesai KD yang kami berikan ataupun setiap tugas harian yang kami berikan ke siswa.

    Saran saya kedepan semoga erapor smk versi 5.x.x dibuat dalam versi MYSQL database seperti aplikasi2 berbasis web populer lainnya yang banyak menggunakan MYSQL database.

    Apalah artinya sebuah aplikasi jika tidak dapat dipergunakan secara maksimal.

    Mohon maaf atas saran ini,
    Terimakasih.

    Ttd
    Junaidi, ST
    junaidimkasem [at] gmail.com

  20. Jika eraport lupa dibackup dan install ulang apakah data nilai dari semester sebelumnya masih ada saat di update data?

  21. mohon bantuan ya donk untuk pergantian walikelas semester ganjil ke genap,
    cara ngatasin ya gmn ya?
    erapor v 5.1.0

  22. Dimasa pandemik, pembagian raport online, sehingga tampilan akses siswa untuk raport PTS minta untuk disamakan dengan versi cetak. Terima kasih

  23. Mau tanya, pak. Sekolah saya kebetulan akan menerapkan erapor ini. Pertanyaan saya: apakah installasi erapor ini hanya satu aplikasi untuk satu server sekolah lalu PC client mengaksesnya melalui browser via IP statis jaringan lokal sekolah atau beberapa PC diinstall satu per satu aplikasi ini; lantas kemudian pengguna bisa mengaksesnya melalui browser via localhost?

    Terima kasih atas perhatian dan responnya

  24. maaf, mau tanya saya baru update ke 5.0.8
    sukses, ketika kita mau jalankan e rapor. tampilannya kosong tidak ada pesan. mohon solusi nya pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *