Pengembangan dan Integrasi aplikasi pada Subdit Kurikulum Direktorat Pembinaan SMK

21 sampai dengan 23 Oktober 2019 telah diselenggarakan kegiatan Sosialisasi terkait aplikasi yang dikembangkan oleh Subdit Kurikulum Direktorat Pembinaan SMK, dan bertempat di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud Sawangan Depok serta diikuti oleh perwakilan Dinas dari 34 Provinsi, SMK yang ditunjuk, pengembang aplikasi serta Tim Helpdesk aplikasi. Kegiatan ini dibuka oleh Kasi Pembelajaran Subdit Kurikulum PSMK Bp. Pitoyo Nugroho,ST,MBA dan ditutup oleh Kasi Penilaian Subdit Kurikulum PSMK Bp. Marsudi Utomo,S.ST, serta dipandu oleh Analis Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Dit. PSMK Bp. Taufiq Damarjati. Ketiga aplikasi yang dikembangkan dan saling terintegrasi diantaranya adalah:

  1. Simazah
  2. eRapor SMK
  3. Majestik

Aplikasi ini disusun sesuai bahan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pembelajaran dan penilaian pada sekolah menengah kejuruan dan bersumber pada Data Pokok Pendidikan.

SIMAZAH merupakan Sistem Informasi Manajemen Penatausahaan Ijazah. Sistem ini mendukung pengadaan Ijazah, mendata seluruh pemanfaatan blangko ijazah, dikembangkan oleh Dit.PSMK dan pada versi 2018 digunakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi sedangkan pada versi 2019 pengguna utamanya adalah satuan pendidikan

eRapor SMK mermasuk dalam Program Ditjen Dikdasmen, merupakan Standar Minimal Sistem Manajemen Penilaian berdasarkan Panduan Penilaian SMK yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMK, dikembangkan Dit.PSMK sejak tahun 2014, saat ini sudah  mencapai versi 5.x dan digunakan di lebih 2000 SMK

Majestik (Manajemen SMK berbasis TIK) merupakan Program Revitalisasi SMK, Sistem Manajemen SMK yang bersifat holistic (SMART SCHOOL), dikembangkan SMK Al Mufti bersama Dit.PSMK, dan digunakan di SMK Revit dan beberapa SMK lain.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan informasi terkait penggunaan aplikasi yang dikembangkan oleh subdit kurikulum, Direktorat Pembinaan SMK dan membahas bersama implementasinya pada level pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan satuan pendidikan. Dan yang diharapkan Direktorat Pembinaan SMK akan mendapatkan tenaga terampil sebagai helpdesk atau sumber informasi terkait pengembangan dan pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMK khususnya Subdit Kurikulum. Serta target yang hendak dicapai pada tahun pelajaran 2019/2020 yaitu :

SMK BISA HEBAT

One Reply to “Pengembangan dan Integrasi aplikasi pada Subdit Kurikulum Direktorat Pembinaan SMK”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *