Apa Manfaat Membaca Buku Panduan?

Apabila kita membeli barang elektronik, peralatan rumah tangga, kendaraan atau lainnya, selalu akan disertakan Buku Petunjuk Penggunaan. Kadang disebut juga Users Manual, Owners Manual, Operating Instructions ataupun User Guide, intinya buku petunjuk untuk menggunakan peralatan tersebut. Karena pentingnya buku tersebut, pada halaman pertama selalu ditulis ‘PLEASE READ BEFORE USE’, bacalah sebelum memakainya. Bahkan, untuk peralatan tertentu, yang mungkin sifatnya sangat berbahaya apabila dicoba-coba tanpa ada referensi, peralatan tersebut dibungkus sangat rapat, dan dalam kemasannya dituliskan juga keharusan membaca buku manual sebelum memulai untuk memakainya. Didalam buku manual, didalamnya memang memuat informasi yang sangat penting mengenai peralatan tersebut, misalkan kita membeli sebuah televisi, maka kita akan mendapatkan manual yang didalamnya berisi informasi dasar mengenai bagian-bagian dari televisi dan fungsinya, cara penggunaannya dan fitur-fitur yang terdapat didalamnya, hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada waktu pengoperasian, cara perawatan, spesifikasi teknis dan terakhir biasanya berupa petunjuk apabila terjadi masalah (trouble shooting), hal yang sering ditanyakan (frequently asked question/FAQ)dan daftar alamat yang harus dihubungi bila terjadi sesuatu. Dengan membaca buku petunjuk penggunaan, kita akan memperoleh manfaat:  

1.      Mengetahui dan mengoptimalkan fungsi-fungsi dan fitur apa saja yang ada didalamnya. Dengan membaca buku petunjuk, semua fungsi pada peralatan dapat kita manfaatkan, sehingga kita tahu keistimewaan dari peralatan yang kita beli. Kadang ada beberapa tombol dalam sebuah peralatan yang mempunyai banyak fungsi, ada juga tombol yang berfungsi apabila dikombinasikan dengan tombol lain, dengan membaca buku manual peralatannya, maka kita akan mengetahui semuanya.

2.      Menghindari resiko kecelakaan. Semua didunia ini diciptakan dalam keadaan berpasangan, jika suatu benda mempunyai manfaat, maka didalamnya juga terkandung suatu resiko (mudharat). Contoh misalkan peralatan elektronik, didalamnya ada manfaat, tetapi juga ada resiko misalkan listrik, gelombang elektro magnetik dan lainnya. Untuk menghindari resiko kecelakaan itu, kita harus mengetahui fungsi masing-masing bagian suatu peralatan. Karena peralatan akan berfungsi dengan sempurna jika cara pemakaiannya benar.  

3.     Untuk mengatasi suatu masalah. Di buku petunjuk atau manual biasanya terdapat bagian Trouble Shooting, yang berisi petunjuk-petunjuk singkat untuk mengatasi suatu masalah didalam pemakaian. Jadi jika anda mempunyai masalah dengan peralatan yang anda beli, jangan panik dulu, bacalah dengan teliti buku petunjuk tersebut. Jangan mengatasi masalah dengan mencoba-coba dan tanpa pengetahuan, bukan masalahnya selesai, malah mungkin akan timbul masalah yang lain.  

4.     Mendapatkan manfaat yang maksimal dari peralatan tersebut. Dengan membaca buku penggunaan, peralatan akan memberikan manfaat yang optimal untuk kebutuhan hidup kita. Peralatan akan berfungsi lama, dan tidak merongrong dengan menimbulkan banyak masalah, kitapun akan senang.

Tapi apa yang terjadi dengan Buku Petunjuk Penggunaan, jika kita membeli suatu barang? Kebanyakan dari kita tidak acuh dan mengabaikan untuk membacanya. Jarang sekali kita  menyimpannya dengan baik, sehingga sering apabila ada masalah kita gelagapan. Dan kita juga lebih mengandalkan mengetahui fungsi suatu peralatan hanya terpaku berdasarkan cerita dari mulut ke mulut atau bersifat trial dan error saja, sehingga tidak optimal pemanfaatannya dan baru membaca buku petunjuk jika terbentur suatu masalah.

Sumber : http://fadli-muhammad26.blogspot.co.id/2016/11/manfaat-membaca-buku-panduan.html

Oleh karena itu, disarankan kepada pengguna eRapor untuk mempelajari terlebih dahulu panduan eRaporSMK agar tidak lagi terulang pertanyaan yang sebenarnya sudah dijelaskan dalam panduan tersebu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *