Salah satu wujud implementasi nyata dalam meningkatkan mutu penilaian khususnya di Kota  Malang dan Kota Batu Jawa Timur yaitu dengan penerapan eRapor SMK v.5.0. Pada tanggal 22 – 23 Oktober 2019 bertempat di SMKN 4 Malang, Ketua MKKS Malang (Dr. H. Wadib Suudi, M.Pd )berkoordinasi dengan Kepala Cabang Dinas setempat (Dra. Ema Sumiarti, M.Si) dan Wakil MKKS (Drs. Hari Mulyono, MT & Dra. Retno Utami, M.Pd) serta kepanitiaan kegiatan dari Wakil Bidang Kurikulum dari SMKN 1,2,3,5 dan 8. MKKS mengundang perwakilan dari 54 SMK Negeri dan swasta yang ada di  Kota Malang dan Kota Batu guna mengikuti Bimbingan Teknis Aplikasi eRapor SMK V.5.0.

Pada kegiatan tersebut Wahyudin (narasumber eRapor) menjelaskan mengenai latar belakang, instalasi, penggunaan eRapor SMK, dan penilaian terbaru yang mendasari aplikasi eRapor sehingga memudahkan guru dalam melakukan penilaian dimana aplikasi eRapor senantiasa berpedoman pada panduan penilaian terbaru dari Direktorat SMK. Dengan penerapan aplikasi eRapor akan didapatkan efisiensi waktu, serta keakuratan data penilaian dari masing-masing sekolah dan bisa mendapatkan pemetaan penilaian secara cepat melalui analisis penilaian. Aplikasi eRapor ini bisa dikembangkan dan diintegrasikan dengan dengan aplikasi lain yang terlebih dahulu sudah digunakan dimasing-masing sekolah. Wakil MKKS (Drs. Hari Mulyono, MT), berharap dengan kegiatan bimtek ini penerapan aplikasi eRapor dilingkungan sekolah masing-masing diimplementasikan di semester gasal Tahun Pelajaran 2019/2020 sehingga bisa meningkatkan kualitas dan mutu penilaian di SMK di Kota Malang dan Kota Batu.

Dan kegiatan Bimtek ini selaras dengan target Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang mentargetkan penggunaan eRapor SMK 100% di Provinsi Jawa Timur, guna peningkatan kualitas penilaian di Provinsi Jawa Timur.

SMK
BISA HEBAT